Follow us on Twitter
alatbengkel.com - Toko Online Peralatan Teknik Menjual Alat Bengkel Otomotif
Product Scroller
Testimonial
Wahyu Triono
Barangnya udah nyampe sesuai pesanan. Packing-nya mantap dan rapi. Terima kasih alatbengkel.com

Yatono
[URL]
Cepat sekali prosesnya, senin pesan n selasa siang sdh terima barang sesuai dgn pesanan.

NIZARUL AMRI
mantap x belanja dibengkel.com.urusan kita dibikin mudah. Tq (08521102XXXX)

Budi C Dirgantara
Tinggal pesan, transfer, dan tunggu! Gak perlu repot!! Saya puas belanja disini, trimakasih alatbengkel.com

» isi testimonial
» lihat testimonial
News

Pasang Hidrolik, Peringan Tuas Kopling Yamaha Scorpio

19 Maret 2012

Tips Mesin

Pasang Hidrolik, Peringan Tuas Kopling Yamaha Scorpio

 Agar performa tetap stabil saat turing, per kopling Scorpio biasa diganjal atau ganti part aftermarket. Efeknya, tuas kopling keras. Maka biar ringan, Ardy Bridjal Hanafie, mekanik BMS (Boy Motor Sport) bereksperimen bikin kopling hidrolik.
Rangakian peranti kopling hidrolik yang mesti disiapkan
Rangkaian Hidrolik Terurai
Ini rangkaian terurai komponen-komponen yang akan disusun. Akan dipakai sebagai kopling hidrolik.

Terdari dari kaliper yang nantinya akan dipasang di mesin. Trus breket kaliper kopling, terbuat dari pelat 4 mm yang dibentuk sesuai posisi kaliper agar mudah saat akan diaplikasi ke tutup girboks mesin dan diikat baut.

Begitupun master rem, sudah terangkai dengan slang rem terhubung menuju kaliper kopling. Sementara di sebelah master rem, juga terpasang batang penekan dari mur-baut custom. Itu agar bisa disetel juga dibuatkan anting-anting buat penghubung ke tangkai pengungkit  komponen kampas kopling.

"Apalagi sekarang terjadi perubahan konstruksi. Dari awalnya sistem tarik menggunakan kawat kopling, sekarang jadi didorong master rem," imbuh montir cemerlang alias moncer ini. Cara kerja kopling hidrolik dengan kawat manual memang terbalik.

Sistem Kerja Master Rem Terbalik
Sistem kerja kaliper kopling posisinya terbalik. Jadi dorong dan bukan tarik
Seperti dibilang di awal, kerja kopling Scorpio aslinya sistem tarik, karena masih pakai kawat kabel kopling. Tapi, sekarang setelah menggunakan kopling hidrolik justru jadi didorong. Dan kalau dicermati dengan teliti, bentuk serta posisi asli master rem ini juga sudah mengalami perubahan secara drastis.

Nah, kalau melihat konstruksi asli dari master rem variasi yang kini jadi kaliper kopling diubah. Biasanya lubang pipa atau selongsong yang berdiameter besar itu digunakan buat tuas rem. Sedang ujung pipa yang berdiameter kecil, umumnya dipakai untuk kedudukan slang rem yang nantinya akan terhubung ke kaliper untuk penjepit cakram.

"Karena fungsinya kini terbalik. Yang buat tuas rem jadi batang pendorong dan sebalilknya. Memang ada bagian yang diatur ulang. Tapi, tidak ada komponen yang dibubut atau dilas. Tetap menggunakan batang dan sil asli, tapi ada bagian yang dikurangi. Namun sistem kerjanya sesuai yang diharapkan," lanjut Mas Boy.

Master Rem Ketiga Jadi Master Kopling
Estetika modif dan safety ditonjolkan pada modif kopling hidrolik
Pembaca pasti bertanya, buat apa lagi 2 dari 3 master rem yang harus disediakan membuat kopling hidrolik. Padahal untuk membuat kopling yang mengandalkan cairan, menggunakan 2 master rem variasi kayaknya sudah cukup.

"Kalau mau hasilnya biasa saja, pakai 2 master rem memang sudah cukup. Satu untuk master dan satunya buat kaliper. Tapi, kalau kejar konsep yang berestika dan safety, gunakan master rem di setang yang beda bentuk dan tampilan. Apalagi kalau sampai maksa ubah master hingga posisi wadah minyak rem terbalik, apa itu namanya safety. Makanya saya perlu 3 master rem buat eksperimen," ujar warga Pondok Sukatani Permai, Jl. Marquisa VII, No. 4, Cimangis, Bogor itu.

Master rem satu dipasang di setang kanan buat rem depan, satunya lagi master rem kopling hidrolik yang posisinya pun diatur ulang. Cuma biar posisinya tepat dan rapi dilihat, kedua master rem variasi ini mesti dibuatkan breket yang nantinya akan diikat ke setang.




Baca juga
  » 4 Juni 2012
Redam Sambungan Jok Tembus Air, Lapis Plastik Dulu
Ganti kulit jok motor selalu jadi andalan pecinta modif. Model yang dipakai beragam, tergantung kebutuhan ubahan atau mengikuti tren yang sedang digandrungi. Namun kerap punya kendala. Karena banyak jahitan variasi, begitu terkena hujan mudah bocor.

  » 4 Juni 2012
Tips Kuat Nanjak, Pakai Rasio Gir Ringan
Semua motor standar sejatinya sudah diseting pabrikn mampu melibas segala macam trek. Mulai dari jalan mendatar, nanjak ataupun turunan.

  » 21 Mei 2012
Cek Throttle Position Sensor Suzuki New Shogun, Biar Tetap Ngacir!
Di karburator Suzuki New Shogun dibekali TPS. Tapi, bukan Tempat Pembuangan Sampah apalagi Tempat Pemungutan Suara. "TPS (Throttle Position Sensor). Berupa sakelar otomatis di ujung atas karburator. Bekerja saat sensor tersentuh skep," jelas J. Antony Tan, Dari divisi 2W Service Instructor, Indomobil Suzuki International.

  » 21 Mei 2012
Kampas Kopling Supra X Dipakai Harian dan Balap
Honda Supra X 100 sudah lama enggak diproduksi PT Astra Honda Motor. Tapi, kampas kopling atau clutch friction tetap banyak yang butuh. Kampas Supra X pun dipakai untuk motor harian dan balapan.

  » 14 Mei 2012
Modifikasi Shim Tappet, Kembalikan Celah Klep Suzuki Satria FU150
Setel klep Suzuki Satria F-150 memang beda. Karena mekanisme klepnya tidak pakai rocker arm, melainkan pakai tappet. Didukung shim atau pelat bundar seperti pil sebagi pengganjal kerenggangan klep saat diukur feeler gauge.

Search
Search:
Shopping Cart
shopping cart 0 item
Information
5 user sedang online
CS 1alatbengkel
CS 2cs.alatbengkel
Others

Cara Penggunaan Thread Repair System

News
4 Juni 2012
Redam Sambungan Jok Tembus Air, Lapis Plastik Dulu
Ganti kulit jok motor selalu jadi andalan pecinta modif. Model yang dipakai beragam, tergantung kebutuhan ubahan atau mengikuti tren yang sedang digandrungi. Namun kerap punya kendala. Karena banyak jahitan variasi, begitu terkena hujan mudah bocor. detail

4 Juni 2012
Tips Kuat Nanjak, Pakai Rasio Gir Ringan
Semua motor standar sejatinya sudah diseting pabrikn mampu melibas segala macam trek. Mulai dari jalan mendatar, nanjak ataupun turunan. detail

» index berita

 

Harap diperhatikan bahwa foto yang kami cantumkan belum tentu sama dengan barang nyatanya, untuk produk yang memiliki lebih dari satu ukuran, kami hanya menggunakan 1 foto dari salah satu ukuran, untuk ukuran lainnya mungkin terdapat sedikit perbedaan, namun secara garis besar sama. Mohon maaf atas kekurangnyamanan anda. Selamat Berbelanja.Selalu cek website kami untuk penambahan-penambahan produk dan informasi-informasi terbaru.
© 2008 www.alatbengkel.com